Berbagai Informasi Masa Kini | Terbaru | 2020

Kamis, 18 Juni 2020

Kamis, Juni 18, 2020 | , , ,    Berkomentar
Jangan Terlalu Lama Menggunakan Masker Kain, Ini Akibatnya!

Menggunakan masker berbahan kain terbilang cukup hemat dan praktis. Anda tidak perlu membuang masker sesaat setelah digunakan. Cukup cuci dengan detergen, masker sudah bisa digunakan kembali. Untuk itu, tidak heran jika penggunaan masker kain terbilang cukup banyak, apalagi semenjak virus corona merebak.

Penggunaan masker berbahan kain dianjurkan selama kasus virus corona ini belum berakhir. Masker ini digunakan jika Anda bepergian ke luar rumah atau saat harus melakukan pertemuan dengan rekan kerja. Namun, Anda harus memperhatikan lama penggunaannya. Masker kain tidak bisa digunakan lebih dari 4 jam. Akibatnya cukup serius karena bisa membahayakan kesehatan Anda.
Penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama memang tidak disarankan. Ini dikarenakan bisa mengakibatkan efek buruk seperti ulasan di bawah ini.

1. Iritasi Kulit

Menggunakan masker berbahan kain tentu akan langsung bersentuhan dengan wajah. Jika digunakan dalam jangka waktu lama, kulit bisa mengalami iritasi. Gesekan dan tekanan masker membuat kulit kemerahan, sehingga Anda akan merasakan gatal atau perih. Oleh karena itu, gunakan masker berbahan kain seperlunya saja dan tidak terlalu lama.

2. Penumpukan Karbon Dioksida

Saat menggunakan masker kain, pelepasan karbon dioksida akan terganggu. Akibatnya, senyawa kimia tersebut akan menumpuk, dan membuat Anda tidak nyaman. Penumpukan ini bisa mengakibatkan darah sulit dilepaskan ke seluruh tubuh.  Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen dan menyebabkan rasa pusing, mual, sakit kepala, bahkan hingga sesak nafas.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala umumnya disebabkan oleh sinar matahari yang menyengat, kurang tidur, syaraf tegang, dan lain-lain. Namun, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh penggunaan masker yang terlalu lama. Jumlah karbon dioksida pada darah akan meningkat, sehingga kepala Anda menjadi lebih pusing. Untuk itu, hindari penggunaan masker berbahan kain terlalu lama.

4. Hipoksia

Siapa sangka bahwa penggunaan masker terlalu lama bisa mengakibatkan hipoksia. Hipoksia merupakan suatu kondisi di mana pasokan oksigen pada sel dan jaringan tubuh kurang. Masalah ini akan terjadi jika sistem transportasi oksigen terganggu, sehingga akan berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Hipoksia yang dibiarkan terus menerus akan menyebabkan gangguan pada hati, otak, dan organ tubuh lainnya. Gejala yang ditimbulkan diantaranya mengalami napas pendek, detak jantung yang lebih cepat, merasa kebingungan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan gangguan yang satu ini.

Itulah empat dampak penggunaan masker kain yang terlalu lama. Gunakan masker sesuai dengan kebutuhan agar kesehatan tetap terjaga. Jika Anda membutuhkan masker berkualitas dengan desain yang unik, gunakan saja masker fullprint. Ada berbagai jenis masker costum yang bisa Anda pilih. Harganya, tentu saja bersahabat dan pas di kantong anak muda. So, pesan sekarang juga!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar