Berbagai Informasi Masa Kini | Terbaru | 2020

Rabu, 23 September 2020

Rabu, September 23, 2020 | ,    Berkomentar

Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Situ Peer to Peer Lending

Pernahkah Anda mendengar orang lain berkata tentang peer to peer lending? Atau pernahkah muncul pertanyaan di benak Anda tentang apa itu fintech sebenarnya? Apa kelemahan dan kelebihannya?

Hadir untuk menjawab segala pertayaan Anda di atas, berikut penjelasannya.

Pengertian Peer to Peer Lending (P2P)

Sebuah sistem pinjam-meminjam dana usaha yang sedang menjamur di masyarakat Indonesia, ya peer to peer lending atau yang dikenal dengan sebutan P2P. Mengadopsi konsep marketplace online, dimana peer to peer lending bergerak dengan cara menghubungkan investor dengan peminjam dana tanpa melalui perantara jasa lembaga keuangan yang sah seperti bank.

Manfaat Peer to Peer Lending (P2P)

Setelah mengetahui tentang pengertian fintech P2P sekarang apakah sudah ada bayangan di benak Anda tentang manfaat P2P itu sendiri?

Ya benar, dengan adanya P2P kegiatan pinjam-meminjam uang akan jauh lebih mudah. Tidak seperti kegiatan pinjam-meminjam uang di bank atau koperasi resmi yang memerlukan banyak syarat dengan proses yang rumit. P2P malah menyediakan proses yang mudah dan cepat. Selain itu di sini juga menampung wadah bagi Anda yang ingin berinvestasi.

Kelebihan dan Kekurangan Peer to Peer Lending (P2P)

Dalam P2P ada dua pihak yang langsung terlibat secara langsung yaitu pihak investor dan yang kedua pihak peminjam dana. Kedua pihak tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Mari kita bahas satu persatu.

1. Kelebihan P2P

Kelebihan Fintech OJK P2P bagi pihak peminjam dana yaitu proses peminjaman yang cepat dan mudah, atau bisa dikatakan tidak serepot jika harus meminjam dana di bank atau koperasi milik pemerintah. Selain itu pihak peminjam akan dikenai suku bunga yang relatif lebih rendah dibanding suku bunga yang diberikan oleh bank, koperasi, atau tempat lain yang sejenisnya.

Sedangkan bagi investor akan mendapat suku bunga yang relatif menguntungkan jika dibanding dengan suku bunga dari tabungan di bank. Selain itu Anda juga bisa turut serta membantu usaha kecil menengah di pedalaman yang membutuhkan bantuan dana tanpa perlu datang secara langsung ke desa-desa.

2. Kekurangan P2P

Kekurangan P2P bagi pihak peminjam dana yaitu hanya cocok untuk pinjaman jangka pendek saja. Sedangkan untuk investor, Anda tidak dapat menarik dana investasi Anda kapanpun Anda mau. Ya hampir mirip dengan konsep deposito bedanya ini hanya untuk jangka pendek atau kurang dari satu tahun saja.

Setelah mengetahui apa itu peer to peer lending secara umum, sekarang apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa Fintech baik itu sebagai investor atau sebagai peminjam dana? Jika iya, perkenalkan PT. Amartha, perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan P2P yang aman dan terpercaya.

Cocok bagi Anda yang ingin mencoba investasi atau sedang membutuhkan bantuan dana untuk usaha. Amartha telah memiliki izin usaha resmi dari OJK sehingga dijamin aman karena selalu diawasi kinerjanya. Jadi jangan ragu lagi, ayo gabung di Amartha.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar