Berbagai Informasi Masa Kini | Terbaru | 2020

Minggu, 27 September 2020

Minggu, September 27, 2020 | , ,    Berkomentar
Masjid Agung Semarang: Kemegahan Bangunan Religius dengan Berbagai Keunikan
Sumber: https://destinasiku.com/
 
Saat mendengar kata Masjid, yang muncul di benak adalah ibadah, ketenangan, dan kesucian. Tetapi Masjid Agung Semarang menawarkan lebih dari hanya 3 hal tersebut. Semua yang mengunjunginya akan takjub dengan kemegahan dan keindahan dari masjid ini. Fasilitas di sini juga bisa dikatakan sangat lengkap untuk sebuah masjid. Destinasi wisata religius ini juga menyimpan beberapa fakta unik yang cukup menakjubkan. Mari simak apa saja fakta-fakta unik dari Masjid Agung Semarang.

Kemegahan Desain Arsitektur Masjid

Megahnya Masjid Agung Semarang akan menjadi hal pertama yang akan disadari wisatawan sesaat melihat masjid ini. Arsitektur yang besar layaknya istana akan membuat takjub semua orang yang melihatnya. Yang menjadi unik dari kemegahan desain masjid ini adalah desainnya yang merupakan percampuran antara gaya arsitektur Jawa, Timur Tengah, dan Yunani yang sangat nyata terlihat pada arsitektur Masjid. Gaya jawa tercermin dari atap limasan masjid dan motif batik yang menghiasi masjid. Kemudian gaya Timur Tengah tercermin dari hiasan kaligrafi di Masjid dan kubah yang didampingi oleh 4 menara. Untuk gaya yunani, tercermin pada 25 pilar di bagian taman masjid yang membentuk sebuah bentuk yang mirip dengan Colloseum Roma. Masjid Agung Semarang menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia.

Payung Hidrolik Raksasa

Sumber: https://destinasiku.com/
 
Siapa tak kenal dengan kecantikan Masjid Nabawi dengan sebaran payung hidroliknya? Sekarang, wisatawan tak perlu berkelana jauh ke Masjid Nabawi untuk menikmati kecantikan payung hidrolik di sebuah Masjid. Masjid Agung Semarang memiliki 6 payung hidrolik raksasa yang akan melindungi area taman masjid dari teriknya matahari. Payung hidrolik ini menjadi salah satu hal yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid ini. Payung hidrolik Masjid Agung Semarang dibuka pada waktu-waktu tertentu, seperti saat sholat jumat, sholat Idul Adha, Sholat Idul Fitri, dan lainnya dengan catatan kondisi kecepatan angin kurang dari 200 knot.

Filosofi di Setiap Sisi Masjid

Perancangan desain Masjid Agung Semarang memang telah dipikirkan secara matang. Hal ini terbukti dari filosofi Islam yang dikandung setiap aspek dari bangunan masjid ini. Seperti 25 pilar di taman masjid yang melambangkan 25 Nabi dan Rasul, 9 air mancur di gerbang masuk masjid yang melambangkan 9 wali songo, kemudian 6 payung hidrolik yang melambangkan 6 rukun iman, dan berbagai contoh lainnya. Wisatawan pastinya akan menemukan filosofi islami di setiap sudut Masjid Agung Semarang.

Daya Tampung Masjid yang Menakjubkan

Sumber: https://travel.tribunnews.com/
 
Wisatawan yang ingin beribadah tak perlu khawatir akan kehabisan tempat. Besarnya Masjid Agung Semarang memungkinkannya untuk menampung jamaah dengan jumlah yang sangat banyak. Di dalam gedung masjidnya saja dapat menampung sekitar 15.000 jamaah. Ditambah lagi dengan kapasitas halaman masjid yang dapat menampung sekitar 10.000 jamaah. Sangat menakjubkan bukan? Bayangkan saja betapa luasnya area masjid ini. Pastinya beribadah di masjid ini akan nyaman dan tidak ada namanya berdesakan.

Wisata Sekaligus Belajar Mengenai Islam

Wisatawan bisa mempelajari islam lebih dalam di Masjid Agung Semarang. Di sini memang pusat pendidikan islam bagi daerah sekitar. Tersedia perpustakaan dan museum awal masuknya Islam di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Masjid ini juga menjadi pusat dari syiar Islam. Sebuah destinasi yang sangat tepat untuk wisata religi.

Tersedianya Fasilitas Yang Tidak Umum Ditemukan Di Masjid

Wisatawan akan terkejut mengetahui Masjid Agung Semarang menyediakan fasilitas seperti cafe dan penginapan. Kedua fasilitas ini sangat tidak umum ditemukan di sebuah masjid. Tetapi hal ini menjadi daya tarik yang sangat unik bagi wisatawan. Masjid ini menyediakan penginapan sebanyak 23 kamar dengan kelas yang berbeda-beda. Kemudian, cafe di masjid ini memiliki hal unik tersendiri. Cafe yang terletak di lantai 18 menara Al-Husna ini berputar 360 derajat secara perlahan. Iya benar, berputar. Wisatawan hanya perlu duduk manis sambil menikmati hidangan cafe dan membiarkan putaran cafe memberikan pemandangan ke berbagai arah kota Semarang. Selain penginapan dan cafe, pada lantai 19 menara Al-Husna, ada gardu pandang di mana anda bisa melihat keindahan panorama Kota Semarang. Gardu pandang ini memiliki teleskop untuk mengamati hilal.


 Masjid Agung Semarang sangatlah menarik dijadikan salah satu destinasi wisata saat ke kota Semarang. Tetapi kota Semarang masih memiliki destinasi wisata menakjubkan lainnya yang dapat dikunjungi. Cari tahu lebih lanjut informasi mengenai Kota Semarang di Wondeful Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar