Berbagai Informasi Masa Kini | Terbaru | 2020

Selasa, 08 Desember 2020

Selasa, Desember 08, 2020 | ,    Berkomentar
Ternyata, Inilah Kerusakan yang Bisa Terjadi pada Mobil karena Air Hujan!

Mulai memasuki musim hujan, banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk kendaraan Anda. Misalnya melindungi mobil dengan jenis asuransi kendaraan yang tepat dan melengkapinya dengan perlindungan tambahan terhadap banjir. Namun selain itu, ada hal yang tidak kalah penting, yaitu mengenai perawatan mobil.

Banyak orang yang bilang bahwa mobil harus segera dicuci setelah digunakan dalam kondisi hujan. Namun, benarkah demikian?

Ternyata, air hujan memang bisa menimbulkan beberapa kerusakan pada mobil. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Merusak cat mobil 

Apabila mobil tidak segera Anda cuci setelah kehujanan, ada kemungkinan lapisan cat mobil jadi rusak karena adanya kotoran yang masuk ke dalam clear coat bodi kendaraan. Apabila Anda memang belum sempat untuk langsung mencuci mobil, minimal bilas kendaraan dengan air bersih. Tujuannya adalah agar kotoran yang menempel, terutama dari genangan air, bisa langsung rontok dan dibilas bersih dari bodi mobil Anda.

2. Mengakibatkan pengeroposan pada bodi mobil 

Tahukah Anda bahwa air hujan sebenarnya juga memiliki kandungan garam di dalamnya? Inilah salah satu alasan mengapa Anda perlu segera mencuci mobil secepatnya setelah mobil dipakai saat hari hujan. Sebab, kandungan garam di dalam air hujan tersebut bisa mengakibatkan pengeroposan pada bodi kendaraan apabila tidak segera Anda bilas. 

Bukan hanya itu saja, tetesan air hujan pada mobil yang tidak segera Anda bilas, bahkan sampai mongering, pun bisa mengakibatkan munculnya bercak garam pada bodi mobil. Setelah Anda bilas dengan air bersih atau mencuci mobil, pastikan Anda mengelap dan mengeringkan mobil sampai benar-benar kering.

3. Munculnya jamur pada kaca mobil 

Masalah lain yang bisa timbul karena air hujan pada mobil yang didiamkan alias tidak langsung dicuci adalah munculnya jamur pada permukaan kaca kendaraan Anda. Apalagi, masalah ini jelas bisa memengaruhi penampilan mobil Anda, kan? Bukan hanya itu, kaca mobil yang jadi tidak jelas atau buram karena jamur juga dapat membuat Anda jadi kurang nyaman saat berkendara.

Kalau jamur sudah terlanjur muncul pada kaca mobil, Anda perlu lakukan perawatan ekstra seperti membersihkannya di salon mobil. Hanya saja, cara ini tidak boleh Anda lakukan terlalu sering karena malah bisa merusak cat mobil Anda.

Sebenarnya, kunci utama mencegah kerusakan pada beberapa bagian mobil karena air hujan adalah dengan mencuci atau minimal membilas kendaraan dengan air bersih. Tujuannya adalah agar kotoran bisa segera dihilangkan dan tidak kering karena dibiarkan saja selama berhari-hari. Setidaknya, Anda juga bisa tunggu sampai besok saat cuaca cerah untuk mencuci mobil Anda. Lalu, pastikan mobil kering dengan baik. Sebab, kotoran yang dibiarkan selama berhari-hari setelah kehujanan sampai kering inilah yang menyebabkan munculnya jamur pada mobil dan warna cat jadi nampak kusam.

Kalau selama ini Anda masih sering malas mencuci mobil setelah kehujanan, yuk segera ubah kebiasaan Anda! Dengan begitu, kondisi dan penampilan mobil Anda pun akan selalu terlihat bersih dan terawat.

0 komentar:

Posting Komentar