Berbagai Informasi Masa Kini | Terbaru

Senin, 10 Mei 2021

Senin, Mei 10, 2021 | , ,    Berkomentar
Ini Dia Daftar Penyakit Mematikan di Dunia

Memiliki perlindungan asuransi jiwa secara online memang tidak bisa mencegah datangnya kematian. Namun setidaknya bisa memberi perlindungan finansial pada anggota keluarga yang ditinggalkan ketika musibah tersebut datang. Apalagi jika asuransi jiwa Anda dilengkapi dengan perlindungan penyakit kritis, tidak hanya melindungi finansial saat Anda meninggal saja, tetapi juga menjamin biaya berobat Anda selama masa perawatan atas penyakit tersebut.

Ya, penyakit kritis yang menyebabkan kematian memang masih menjadi hal yang ditakutkan oleh banyak masyarakat, baik dari segi biaya perawata maupun bahaya yang ditimbulkannya. Menurut WHO (World Health Organization) yang dikutip dari laman health.detik.com, 54% dari total kematian sebanyak 56,9 juta jiwa di seluruh dunia tahun 2016 disebabkan oleh penyakit mematikan. Penyakit stroke dan jantung iskemik merupakan pembunuh terbesar dengan gabungan 15,2 juta kematian tahun 2016.Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua penyakit tersebut dan 2 penyakit mematikan lainnya:

1. Stroke

Seperti yang sudah disinggung di bagian atas, stroke menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk kategori penyakit mematikan di dunia. Stroke sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena arteri di otak tersumbat atau bocor. Jika kondisi ini terjadi, biasanya sel-sel di bagian otak mati hanya dalam beberapa menit saja akibat kekurangan asupan oksigen. 

Melansir dari health.detik.com, gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah kesulitan untuk berjalan, merasa kebingungan, mati rasa di seluruh dan sebagian tubuh.Jika stroke ditangani dengan cepat dan tepat, maka penderitanya bisa kembali pulih. Tapi, jika terlambat, bisa menyebabkan cacat dalam waktu yang lama dan berujung kematian. 

2. Koroner

Selain stroke, penyakit arteri koroner juga masuk dalam kategori penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit arteri koroner atau disebut juga dengan penyakit jantung iskemik terjadi akibat adanya penyempitan di bagian pembuluh darah di jantung yang berisiko tinggi mengakibatkan serangan jantung. 

Penyakit arteri koroner ini merupakan pembunuh nomor satu di dunia karena tidak menunjukkan gejala apapun sehingga seringkali terlambat ditangani. 

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Penyakit yang meliputi tuberkulosis (TBC), pneumonia, hingga bronkitis ini juga masuk ke dalam salah satu penyakit mematikan di dunia menurut WHO. Munculnya penyakit ini disebabkan karena bakteri dan virus masuk ke dalam saluran pernapasan. 

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah nyeri dada, sesak napas, batuk, hingga mengi. Jika tidak segera ditangani, maka infeksi yang ditimbulkan dari penyakit saluran pernapasan ini bisa menyebabkan kematian. Bahayanya, penyakit ini tergolong penyakit menular sehingga ada baiknya Anda lebih waspada jika ada orang di sekitar yang menunjukkan gejala tersebut.

4. Diabetes Mellitus

Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah berada di atas level normal. Penyebabnya adalah karena adanya masalah pada hormon insulin sehingga tubuh tidak mampu memproses gula yang terkandung dalam makanan sebagaimana mestinya. 

Diabetes yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan beragam komplikasi. Dan komplikasi inilah yang seringkali menyebabkan terjadinya kematian pada penderitanya. 

Mengetahui beragam jenis penyakit berbahaya tersebut termasuk gejalanya sangat penting agar Anda lebih waspada. Dengan begitu, jika suatu saat Anda merasakan adanya salah satu gejala yang menyerang, Anda bisa segera mengambil langkah tepat untuk pengobatannya.

0 komentar:

Posting Komentar